Cara mengembalikan File yang di Hidden

Ketika kita menghubungkan flashdisk orang lain ke komputer kita, atau setelah flashdisk kita terhubung di computer lain yang beresiko menularkan virus, seringkali was-was dan kemudian shock di tengah proses checking data. Ya, data penting kita menjadi tidak nampak, terhapus atau hilang. Apalagi kita masih menggunakan sistem operasi windows 7, vista, XP yg notabene sekuritasnya menjadi dipertanyaan jika tidak memiliki aplikasi anti virus yang ter-update. Sudah ter-update saja terkadang virus masih bisa membobol komputer kita.

Memang secara kasat mata,  data tersebut hilang atau tetap tidak nampak meskipun sudah kita check show hidden file di menu view pada taskbar di windows explorer (jika memakai windows XP) kita. atau bahkan, file yang tadinya tersimpan .doc,.docx berubah menjadi shorcut atau .ink .exe dan sejenisnya. Kerjaan sapa lagi klo bukan virus menjengkelkan. Tapi…jangan panik, jangan risau, tenangkan hati dan pikiran lalu cobalah rumus singkat berikut ini  :

1. Klik run pada menu start (jika computer atau laptop menggunakan windows XP, Vista, 7),

2. Ketikkan cmd dan ok (ketikkan cmd di search programs and files pada menu start (jika computer atau laptop menggunakan windows 7)

3. Masukkan flashdisk di computer dan cek di directory manakah flashdisk anda.

Misalnya di E, F atau G. Setelah jendela cmd terbuka, ketikkan perintah di bawah ini:

f:attrib -r -a -s -h /s /d


Setelah ketikkan perintah diatas, tekan enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Buka windows explorer dan cek isi flasdisk anda, file yang tadinya terhapus atau hilang akan kembali.

 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Sukses.

About adityaRU

I am a simple person, not like things that are uncertain

Posted on 17/05/2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment